Peternak Mentawai Terima Bantuan 10 Ribu Ekor Ayam KUB-2

oleh

Mentawai, SPIRITSUMBAR.COM – Sebanyak 20 kelompok peternak ayam di Mentawai menerima bantuan 10 ribu ekor ayam kampung unggul jenis KUB-2 dari Dinas Peternakan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat (Disnakeswan Sumbar)

Bantuan ayam ini diserahkan secara simbolis oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Mentawai Hatisama Hura, kepada kelompok ternak ayam Sasaraina . Yang merupakan salah satu kelompok ternak ayam yang ada di wilayah Pulau Sipora pada Jumat (14/7/2023)

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Mentawai, Hatisama Hura, mengatakan, bantuan ayam ini merupakan program unggulan (Progul) Gubernur Sumatera Barat dalam pengembangan peternakan. Dimana, saat ini di Mentawai ada 20 kelompok ternak menerima bantuan.

Untuk di Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara ada sebanyak 6.500 ekor ayam KUB-2 yang sudah di serahkan. Sedangkan di Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara sebanyak 3.500 ekor, total bantuan ayam ini 10 ribu ekor.

Selain itu, setiap kelompok juga di bantu pakan ternak sebanyak 3,5 ton per kelompok dan obat-obatan. Karena ayam ini berumur 2 bulan.

“Jadi yang kita harapkan di sini, kita sebagai daerah tertinggal dapat memberikan nilai tambah. Setidaknya suplai telur ayam kampung ini bisa berkembang dan meningkat di Mentawai” sebutnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan melaksanakan monitoring kepada setiap kelompok untuk mengetahui perkembangan ayam tersebut, agar bisa mengetahui apa yang menjadi kendala dalam pengembangan ayam KUB-2 ini

Menarik dibaca