Ikuti Peradaban, Namun Nilai Luhur Mentawai Tak Boleh Pudar

oleh

Mentawai, SPIRITSUMBAR.com – PJ Bupati Kepulauan Mentawai Fernando J. Simanjuntak, mengajak warganya untuk mengikuti peradaban. Namun, dengan catatan, nilai-nilai luhur yang ada di Mentawai tidak boleh tergerus.

Hal itu dia sampaikan dalam temu ramah bersama sejumlah Kepala OPD, Forkopimda dan ASN lainnya usai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kamis (1/6/2023).

Menurut dia, Mentawai harus mengalahkan tantangan agar bisa berakselerasi terhadap pembangunan secara masiv. Mulai dari Utara Pulau Siberut sampai Selatan Pulau Sikakap.

“Saya mengajak kepada kita semua untuk terus bersinergi dan bergotong-royong antara forkopimda, instansi daerah, instansi vertikal, tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam membangun Mentawai,” ujarnya.

Ia juga mengatakan dalam diskusi membangun, dirinya mendapat masukan bahwa di Mentawai yang paling berpotensi adalah bidang pariwisata. Khusus bidang perikanan, Mentawai harus menyiapkan 4 hal, pertama dermaga yang memadai, market, pabrik es dan ransum.

“Tak mungkin kapal-kapal besar nelayan akan masuk jika dermaganya kurang memadai. Mentawai juga harus memiliki persediaan sparepart untuk docking kapal,” ujarnya .

“Pabrik yang menyediakan es banyak. Serta persediaan ransum bagi kebutuhan kapal besar. Makanya sampai saat ini bidang perikanan susah untuk berkembang di Mentawai,” ungkapnya.

Menarik dibaca