Terciduk, Petugas Kebersihan Malah Buang Sampah ke Sungai

oleh

Padang, SPIRITSUMBAR.COM – Upaya Walikota Padang, Hendri Septa untuk menciptakan Padang bersih seakan menjadi sia-sia.

Bahkan, sanksi tindak pidana ringan (tipiring) dalam bentuk denda maksimal Rp 5 juta bagi pelanggar seakan hanya untuk warga.

Buktinya, beberapa petugas kebersihan yang melakukan pemotongan rumput di sepanjang Batang Jirak pada Kelurahan Pampangan Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) justru memanfaatkan sungai sebagai tempat buangan.

BACA : Hadir Kedua Kali di JBB, Owner PT Diva Mitra Mandiri : Kita Akan Selalu Berbagi

Peristiwa ini terekam di sepanjang bantaran Batang Jirak. Persisnya bagian hilir Jembatan By Pass sampai Jembatan Pampangan Nan XX, pada Senin (24/7/2023) sekira pukul 15.30 wib.

Beberapa petugas kebersihan sibuk menyapu potongan rumput yang telah dipangkas sebelumnya. Tanpa menggunakan media, beberapa petugas kebersihan tersebut menyapu potongan rumput secara langsung ke sungai.

Potongan rumput sapuan petugas tersebut memenuhi badan sungai. Bahkan, beberapa diantaranya menumpuk di badan sungai. Lantaran tertahan oleh bebatuan dan sampah lainnya.

Maka pandangan jorok, terlihat disepanjang Batang Jirak tersebut. Lebih dari itu, Batang Harau, akan bernasib sama. Pada akhirnya, Muara Padang akan terlihat semakin kotor.

Heri (54) salah seorang warga yang kebetulan lewat di lokasi tersebut sangat menyayangkan kinerja petugas. Upaya pemerintah untuk membebaskan aliran sungai dari sampah, seakan menjadi sia-sia.

Menarik dibaca