Pramuka Sumbar Gelar Pelatihan Manajemen Kebencanaan

oleh

Padang, SPIRITSUMBAR.COM – Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat melaksanakan Pelatihan Manajemen Kebencanaan tahun 2023.

Pelatihan, diikuti oleh 18 Pramuka Peduli Kwarcab se-Sumatera Barat. Juga, Saka Bhayangkara, Saka Taruna Bumi, Racana Unand dan UNP dengan jumlah 50 peserta.

Kegiatan Pelatihan berlangsung dari tanggal 27 – 30 September 2023 bertempat di Kwarda Sumbar. Kegiatan dilaksanakan oleh Bidang Abdimasgana yang didukung oleh Pusdiklatda Tuah Sakato Kwarda Sumbar.

Kegiatan Pelatihan ini dibuka secara resmi pada hari Rabu 27 September 2023, oleh Sekretaris Kwarda Sumbar Kak Alfiandri, yang juga sebagai keynote speaker menyampaikan materi tentang Peran Pramuka Peduli dalam Manajemen Bencana.

Sementara itu, Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana Patra Rina Dewi menuturkan gerakan Pramuka mempunyai banyak sekali sumber daya manusia yang bisa dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Salah satunya melalui Pramuka Peduli Penanggulangan Bencana.Iklan Patra

“Anggota Pramuka yang selama ini selalu sigap membantu penyintas-penyintas di daerah terdampak bencana, perlu ditingkatkan kapasitasnya dalam manajemen bencana,” ujarnya, Senin (2/10/2023).

Untuk itu, lanjut Patra, materi-materi pelatihan ditata sedemikian rupa. Demi mencapai output yang diharapkan. Yaitu Pengantar Dasar Manajemen Bencana, Kerelawanan, Rencana Evakuasi dan SOP Penyelamatan Diri, Kaji Cepat dan Pelaporan, Manajemen Pos Lapangan, Pemadam Kebakaran, Dapur Umum dan Pertolongan Pertama Gawat Darurat.

Menarik dibaca