Leonardy: Kawal Seni dan Budaya Sumbar Dengan Alek Nagari

oleh

Padang SPIRITSUMBAR.COM – Anggota DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP, MH mengapresiasi nagari-nagari di Sumatera Barat yang masih melaksanakan alek nagari.

Senator asal Sumbar ini selalu berupaya memenuhi undangan dari panitia alek nagari. Sebagaimana yang dilaksanakan di Sialang, Nagari Tandikek Utara, mulai tanggal 15 sampai dengan 28 Juni 2023.

“Saya mengapresiasi Sialang Nagari Tandikek Utara yang melaksanakan Alek Nagari. Dengan menampilkan kesenian dan budaya yang ada di Padang Pariaman,” ujarnya.

Leonardy mengatakan, sebagaimana kita ketahui, Padang Pariaman terkenal dengan seni dan budayanya. Seperti Budaya Tabuik, Indang Piaman dan Gendang Tasa. Juga Ulu Ambek, Randai, silat serta lomba layang-layang.

“Seni dan budaya ini harus kita jaga, harus kita kawal. Diharapkan kita masyarakat terus mengawal seni dan budaya di Padang Pariaman,” ujar Ketua Badan Kehormatan DPD RI itu.

“Kita itu termasuk pemerintah daerah, supaya seni dan budaya Padang Pariaman itu tetap mengakar di tengah-tengah masyarakat. Khususnya generasi milenial agar tidak tercerabut karena pembangunan,” ujarnya.

Orang yang kreatif dan inovatif serta mahir dalam bidang seni memang butuh tempat berlatih. Seperti laga-laga ini dan butuh tempat untuk menyalurkan kreativitas dan hasil inovasi mereka.

“Begitu juga dengan budaya yang berlaku di daerah kita. Semakin sering mereka tampil dan mendapat apresiasi, tentu makin kreatif dan inovatif mereka dalam mempertahankan dan mengembangkan kesenian Sumatera Barat umumnya dan Padang Pariaman khususnya,” ujarnya.

Menarik dibaca