Kolaborasi Komunitas dan IDX Mobile, Investor Pasar Modal Tembus 13 Juta SID

oleh

Jakarta SPIRITSUMBAR.com – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat jumlah investor pasar modal Indonesia sudah lampaui 13 juta single investor identification (SID) dengan pertumbuhan lebih dari 863 ribu SID baru di sepanjang tahun 2024. Sementara itu jumlah investor saham Indonesia telah mencapai 5,7 juta SID.

Hal itu diakui Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik tidak terlepas dari berbagai kegiatan edukasi dan promosi yang dilakukan oleh BEI bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta berbagai komunitas, sehingga pengenalan aplikasi IDX Mobile sebagai referensi dalam berinvestasi telah menjadi pendorong signifikan dalam pertumbuhan jumlah investor Pasar Modal Indonesia.

Jeffrey menyebutkan, dari Januari hingga Mei 2024, terdapat 6.211 kegiatan edukasi pasar modal.  Kegiatan diikuti oleh lebih dari 5,8 juta peserta di seluruh Indonesia.

Ksei
Sumber: KSEI

Masifnya kegiatan ini merupakan hasil sinergi dan kolaborasi BEI bersama OJK, Self-Regulatory Organization (SRO), Anggota Bursa, Perusahaan Tercatat, Manajer Investasi, komunitas pasar modal.

Sekaligus stakeholders lainnya. Termasuk Galeri Investasi BEI yang per 20 Juni 2024 telah berjumlah 904 Galeri Investasi BEI.

Beberapa kegiatan edukasi dan promosi telah dilakukan dalam bentuk kolaborasi bersama dengan OJK.  Yaitu bersama Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD). Serta Komunitas Bundaku (Ibu Anak Keluarga) Cakap Keuangan.

Menarik dibaca