Ketua DPRD Sumbar Supardi Dapat Gelar Pendekar Muda dari Perguruan Tapak Suci Muhammadiyah

oleh

Payakumbuh, SPIRITSUMBAR.COM – Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sekaligus Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumatera Barat, Supardi secara resmi diangkat sebagai Pedekar Muda oleh Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci Muhammadiyah.

Supardi menerima SK Pendekar Muda serta pemakaian rompi dan sabuk dari pimpinan pusat Tapak Suci Muhammadiyah, Drs. H.M. Afnan Hadikusumo, P.Ua saat pembukaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Remaja Tapak Suci 2023 yang digelar di GOR Nan Ompek Tanjuang Pauah Kota Payakumbuh, Rabu (26/7/2023).

Dalam kesempatan itu Supardi mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan pengurus Perguruan Tapak Suci Muhammadiyah yang telah memberikannya gelar Pendekar Muda.

“Jujur, saya tidak pandai berkelahi dan juga tidak hobi berkelahi, namun hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya mendapat gelar Pendekar Muda dari Perguruan Tapak Suci Muhammadiyah,” ujar Supardi.

Menurut Supardi, seorang pendekar itu bukan berarti pintar dan jago berkelahi. Melainkan pendekar itu adalah adab, pendekar itu adalah moral yang harus diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Jadi ketita adab dan moral tidak lagi bisa dipertahankan, maka gelar pendekar harus dicopot dari dirinya meskipun dia pernah menjuarai kejuaraan sampai tingkat dunia pun,” tutur Supardi.

Selanjutnya, kata Supardi, Muhammadiyah merupakan organisasi terbesar didunia yang mempunyai tujuan amar ma’ruf nahi munkar, dan Tapak Suci adalah garda terdepan untuk mewujudkan visi dan misi dari Muhammadiyah.

Menarik dibaca