Cegah Kanker Serviks, Perempuan Diminta Ikuti IVA Gratis

oleh

SAWAHLUNTO, SpiritSumbar.com   Walikota Sawahlunto menghimbau  dan mengajak seluruh masyarakat Sawahlunto khususnya wanita usia 30 hingga 50 tahun yang sudah menikah agar mendatangi Puskesmas terdekat untuk melakukan deteksi dini Kanker Leher Rahim melalui pemeriksaan IVA (Isnpeksi Visual Asam Asetat) secara gratis.

Walikota mengatakan bahwa pemeriksaan IVA ini sangat bermanfaat bagi kaum wanita,  untuk mencegah terjangkit penyakit kanker yang sulit diobati, karena berdasarkan survey kesehatan dunia setiap perempuan tanpa memandang usia dan latar belakang, berisiko terkena kanker serviks atau leher rahim.

Baca juga:

Hal yang sama juga pernah diungkapkan Ny.Yenni Ali Yusuf saat pencanangan IVA pada hari Kartini lalu. “Dengan melakukan deteksi dini, kelainan dapat ditemukan dalam stadium pre-kanker, sehingga dapat dilakukan terapi” ujar Yenni.

Menurut data WHO jumlah kematian karena kanker serviks meningkat dari 7,6 juta orang di tahun 2008 menjadi 8,2 juta pada tahun 2012.Kanker menjadi penyebab kematian nomor 2 di dunia sebesar 13 persen setelah penyakit kardiovaskular.

Di Indonesia, prevalensi penyakit kanker juga tinggi, berdasarkan data riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2013, prevalensi tumor/kanker di Indonesia adalah 1,4 per 1000 penduduk, atau sekitar 330 ribu orang.

Menarik dibaca